Analisis Kualitas Pelayanan Publik Kepolisian Pada Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (Spkt) Polsek Sabangau

Penulis

  • Novia Hartati Universitas Terbuka
  • AHM Kundori UNIVERSITAS TERBUKA

Abstrak

Polisi Sabangau memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban umum melalui pemberian layanan publik. Untuk meningkatkan kualitas layanan, Polsek Sabangau telah mendirikan Pusat Layanan Polisi Terpadu (SPKT) sebagai pusat layanan publik terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis kualitas layanan publik yang diberikan oleh SPKT di Polisi Sabangau, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kualitas layanan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Informan penelitian dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman, yang melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Polsek Sabangau berhasil meningkatkan kualitas layanan publik yang diberikan. Hal ini tercermin dalam perbaikan pada aspek fisik (tangibel), keandalan (reliabilitas), jaminan (assurance), responsivitas (responsif), dan empati (empati) dalam pelayanan. Faktor-faktor yang mendukung kualitas layanan publik di Polsek Sabangau termasuk keberadaan sumber daya manusia yang kompeten, serta kebijakan dan prosedur yang jelas. Penelitian juga mengidentifikasi beberapa faktor yang menghambat kualitas layanan publik di Polisi Sabangau, seperti kurangnya infrastruktur dan fasilitas yang memadai, serta kekurangan personel dalam memberikan layanan publik secara konsisten.

Referensi

Jumroh and M. Yoga Jusri Pratama. (2021). Implementasi Pelayanan Publik Teori dan Praktik. Nagari Koto Baru: Insan Cendekia Mandiri.

Subekti, A., & Hariyanto, S. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Desa Karanggeger Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 15(1), 182-190. https://doi.org/10.46306/jbbe.v15i1.160

Putra, Teddy Minahasa. (2019). Pelayanan Publik dan Ketahanan Nasional. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Denhardt, Robert B. dan Janet Vinzan Denhardt. (2000). The New Public Service: Serving Rather than Steering. Public Administration Review, Vol. 60, No. 6 pp. 549-559.

Taufiqurokhman dan Evi Satispi. (2018). Teori dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik. UMJ PRESS: Tangerang Selatan.

Semil, Nurmah. (2018). Pelayanan Prima Instansi Pemerintah: Kajian Kritis pada Sistem Pelayanan Publik di Indonesia. Prenada Media.

Zahra, A., Arnida ., & Lubis W. (2022). Analisis Pelayanan Retribusi Daerah Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Dalam Tercapainya Kualitas Pelayanan Publik yang Optimal di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan. VISA: Journal of Vision and Ideas, 3(1), 143-152. https://doi.org/10.47467/visa.v3i1.1391

Arikunto, Suharsimi. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Renika Cipta.

Afifudin & Beni Ahmad Saebani. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Pustaka Setia.

Unduhan

Diterbitkan

08-12-2023

Cara Mengutip

Hartati, N. ., & Kundori, A. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Kepolisian Pada Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (Spkt) Polsek Sabangau. MALAKA LAW REVIEW, 1(1), 12–21. Diambil dari https://www.ejournal.ybpindo.or.id/index.php/malaka/article/view/20