Epistemologi Teori Hukum Feminis

Penulis

  • Raju Moh Hazmi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Kata Kunci:

Epistemologi, Epistemologi Hukum, Filsafat Hukum, Teori Hukum, Teori Hukum Feminis

Abstrak

Tesis penyangga studi hukum, perempuan, politik, dan representasi keterwakilannya di parlemen, mayoritas berasal dari feminist legal theory/teori hukum feminis. Menurut kerangka epistemik, bagaimana teori hukum feminis mengonstruksikan nalar pengetahuannya?. Berangkat dari pertanyaan itu, maka riset ini ingin menggali lebih jauh tentang basis epistemologi yang menopang teori hukum feminis. Riset ini menggunakan jenis penelitian normatif dengan pendekatan filosofis dan konseptual. Riset ini menemukan bahwa Dasar epistemik dari feminist legal theory  bersandar pada paradigma teori hukum kritis (critical legal studies). Nalar kritisisme yang menjadi pijakan dari teori ini justru berusaha memberikan posisi kepada konsep kebenaran pada fenomena/pengalaman yang sifatnya pluralis. Rasionalitas manusia korelatif dengan kebebasan, sehingga antara laki-laki dan perempuan mempunyai hak yang setara dalam politik dan menolak representasi laki-laki dan perempuan sebagai bentuk inferionitas. realitas yang dibentuk harus disandarkan pada optik perempuan dalam konteks sosial, sehingga berujung pada 3 dimensi yaitu titik anjak/sikap, persepsi realitas berdasarkan empirisme, dan postmodernisme.

Biografi Penulis

Raju Moh Hazmi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

 

 

Referensi

A. M. H. Putri, “FYI! Persentase Perempuan di Kursi Parlemen Kurang Dari 30%,” CNBC Indonesia. [Online]. Available: https://www.cnbcindonesia.com/research/20230215123904-128-414001/fyi-persentase-perempuan-di-kursi-parlemen-kurang-dari-30

E. S. Prihatini, “Women who win in Indonesia: The impact of age, experience, and list position,” Womens. Stud. Int. Forum, vol. 72, no. October 2018, pp. 40–46, 2019, doi: 10.1016/j.wsif.2018.10.003.

J. L. Umagapi, “Representasi Perempuan Di Parlemen Hasil Pemilu 2019: Tantangan dan Peluang,” J. Kaji., vol. 25, no. 1, pp. 19–34, 2020.

Perludem, “Perludem: Keterwakilan Perempuan dalam Pileg 2019 Terbanyak Sepanjang Sejarah,” Perludem.go.id. [Online]. Available: https://perludem.org/2019/08/31/perludem-keterwakilan-perempuan-dalam-pileg-2019-terbanyak-sepanjang-sejarah/

N. Kurniawan, “Keterwakilan Perempuan Di Dewan Perwakilan Rakyat Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 22-24/PUU-VI/2008,” J. Konstitusi, vol. 11, no. 4, pp. 715–736, 2014.

K. Tridewiyanti, “Kesetaraan dan Keadilan Gender di Bidang Politik ‘ Pentingnya Partisipasi dan Keterwakilan Perempuan di Legislatif,’” J. Legis. Indones., vol. 9, no. 1, pp. 73–90, 2012.

N. Nuraeni, “Partisipasi Politik Wanita Indonesia Di Parlemen Dan Relevansinya Dengan Pandangan Ulama Tentang Peran Wanita Dalam Politik,” ADLIYA J. Huk. dan Kemanus., vol. 11, no. 1, pp. 119–136, 2019, doi: 10.15575/adliya.v11i1.4855.

R. Y. Bramantyo, I. Rahman, and F. Windradi, “Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Sebagai State Auxiliary Agencies Pada Sistem Ketatanegaraan Indonesia,” Moral. J. Ilmu Huk., vol. 9, no. 1, pp. 38–48, 2023.

N. Savitri, HAM Perempuan Kritik Teori Hukum Feminis Terhadap KUHP, Cetakan Pe. Bandung: Refika Aditama, 2008.

A. Hevriansyah, “Hak Politik Keterwakilan Perempuan dalam Sistem Proporsional Representatif pada Pemilu Legislatif,” Awasia J. Pemilu dan Demokr., vol. 1, no. 1, pp. 67–85, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.banten.bawaslu.go.id/index.php/awasia/article/view/41

P. Meier, “A gender gap not closed by quotas,” Int. Fem. J. Polit., vol. 10, no. 3, pp. 329–347, 2008, doi: 10.1080/14616740802185650.

D. Danardono, Teori Hukum Feminis: Menolak Netralitas Hukum, Merayakan Difference dan Anti-Esensialisme, Cetakan-1. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2006.

R. Baharuddin, “Wanita dan Hukum Perspektif Feminis Terhadap Hukum,” J. El-Harakah, vol. 5, no. 2, p. 69, 2003, doi: 10.18860/el.v3i2.5143.

D. Ramadhani and D. eka Rahmawati, “Modal Caleg Perempuan dan Politik Patriarkhi dalam Pemilihan Umum di Indonesia : Keterwakilan Perempuan pada Pemilu 2019 di Kabupaten Sleman,” JISPO J. Ilmu Soial dan Ilmu Polit., vol. 10, no. 1, pp. 40–61, 2020.

F. D. Ningrumsari, N. Azisa, and W. Heryani, “Paradigma Teori Hukum Feminis Terhadap Peraturan Perlindungan Hukum Bagi Perempuan Korban Kekerasan Seksual Di Indonesia,” J. Ilm. Living Law, vol. 14, no. 2, pp. 103–116, 2022, [Online]. Available: https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan,

S. Nimrah and Sakaria, “Perempuan Dan Budaya Patriarki Dalam Politik (Studi Kasus Kegagalan Caleg Perempuan Dalam Pemilu Legislative 2014),” Polit. J. Magister Ilmu Polit. Univ. Hasanuddin, vol. 1, no. 2, pp. 2407–9138, 2015.

A. Nurcahyo, “Relevansi Budaya Patriarki Dengan Partisipasi Politik Dan Keterwakilan Perempuan Di Parlemen,” Agastya J. Sej. Dan Pembelajarannya, vol. 6, no. 01, p. 25, 2016, doi: 10.25273/ajsp.v6i01.878.

Z. Mukarom, “Perempuan dan Politik: Studi Komunikasi Politik tentang Keterwakilan Perempuan di Legislatif,” Mediator, vol. 9, no. 2, pp. 257–270, 2008.

R. Priandi and K. Roisah, “Upaya Meningkatkan Partisipasi Politik Perempuan Dalam Pemilihan Umum Di Indonesia,” J. Pembang. Huk. Indones., vol. 1, no. 1, p. 106, 2019, doi: 10.14710/jphi.v1i1.106-116.

I. Sukadi, “Refleksi Keterwakilan Perempuan Dalam Parlemen Perspektif Hak Asasi Manusia,” Egalita, vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2015, doi: 10.18860/egalita.v10i1.4539.

P. M. Marzuki, Penelitian Hukum. Jakarta: Kencana, 2013.

Y. Nurhayati, “Perdebatan Antara Metode Normatif Dengan Metode Empirik Dalam Penelitian Ilmu Hukum Ditinjau Dari Karakter, Fungsi, Dan Tujuan Ilmu Hukum,” Al-Adl J. Huk., vol. 5, no. 10, pp. 10–19, 2013, doi: 10.31602/al-adl.v5i10.191.

S. U. Firdaus, Muchsan, and E. Nurbaningsih, “Pembatasan Hak Politik dalam Sistem Demokrasi Di Indonesia,” Universitas Gadjah Mada, 2016.

D. Rato, “Penelitian Hukum Paradigmatik: Memahami Perdebatan Metodelogi dalam Penelitian Hukum Sebagai Realitas,” 2013, Fa, Surabaya.

A. Z. Muhdlor, “Perkembangan Metodologi Penelitian Hukum,” J. Huk. dan Peradil., vol. 1, no. 2, pp. 190–206, 2012.

J. S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Cetakan Ke. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2017.

D. Badruzaman, “Perkembangan Paradigma Epistemologi Dalam Filsafat Islam,” IDEAJurnal Hum., vol. 2, no. 1, pp. 52–64, 2019.

S. Dinata, “Epistemologi Kritisisme Immanuel Kant,” Kenz Philos., vol. 7, no. 2, pp. 217–236, 2021.

M. Hasyim, “Epistemologi Islam (Bayani, Burhani, Irfani),” Al-Murabbi J. Pendidik. Agama Islam, vol. 3, no. 2, pp. 217–228, 2018.

B. C. Barnett, Pengantar Filsafat Epistemologi, 1st ed. Yog: Antinomi, 2022.

P. H. Hadi, “Kebenaran Dan Metodologi Penelitian Filsafat Sebuah Tinjauan Epistemologi,” J. Filsafat, vol. 3, no. 2, pp. 20–33, 1991.

A. Mujahidin, “Epistemologi Islam: Kedudukan Wahyu Sebagai Sumber Ilmu,” J. Stud. Keislam., vol. 17, no. 1, pp. 41–64, 2013.

Bahrum, “Ontologi, Epistemologi Dan Aksionlogi,” Sulesana, vol. 8, no. 2, pp. 35–45, 2013.

E. N. Sari, “Konsep Dasar Epistemologi (Studi Pemikiran Immanuel Kant),” 2023, Fakultas Ushuluddin Dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Lampung.

L. Audain, “Critical Legal Studies, Feminism, Law and Economic, and the Veil of Intellectual Tolerance: a Tentative Case For Cross-Jurisprudential Daialogue,” Hofstra Law Rev., vol. 20, no. 1017, pp. 1019–1104, 1991.

A. Chairil and H. Shalahuddin, “Studi Kritis Feminist Legal Theory Menurut Perspektif Islamic World View,” J. Mimb. Huk., vol. 33, no. 1, pp. 188–215, 2021.

U. Sholahudin, “Membedah Teori Kritis Mazhab Frankfurt: Sejarah, Asumsi, dan Kontribusinya Terhadap Perkembangan Teori ilmu Sosial,” J. Urban Sociol., vol. 3, no. 2, pp. 71–89, 2020.

A. Dermawan, “Dialektika Teori Kritis Mazhab Frankfurt dan Sosiologi Pengetahuan,” J. Sosiol. Reflektif, vol. 8, no. 1, pp. 326–339, 2013.

I. Tasnur and A. Sudrajat, “Teori Kritis: Perkembangan dan Relevansinya Terhadap Problematika Di Era Disrupsi,” J. Yaqzhan, vol. 6, no. 1, pp. 34–51, 2020.

H. W. Nugroho and S. Murtiningsih, “Paradoks Gender (Kajian Feminisme Etis terhadap Kemunculan Inong Balee dalam Kekerasan Politik di Aceh),” J. Filsafat, vol. 18, no. 3, pp. 295–313, 2008.

S. Fahimah, “Ekofeminisme: Teori dan Gerakan,” Alamtara J. Komun. dan Penyiaran Islam, vol. 1, no. 1, pp. 6–19, 2017.

N. Abbas, “Dampak Feminisme Pada Perempuan,” Al-wardah J. Kaji. Perempuan, Gend. dan Agama, vol. 14, no. 2, pp. 187–198, 2020.

S. Amin, Filsafat Feminisme (Studi Kritis Terhadap Gerakan Pembaharuan Perempuan di Dunia Barat dan Islam), Cetakan Pe. Peka: CV Mulia Indah Kemala, 2015. [Online]. Available: https://id1lib.org/book/10980793/6fea26

A. Suryorini, “Menelaah Feminisme Dalam Islam,” Sawwa J. Stud. Gend., vol. 7, no. 2, pp. 21–36, 2012, doi: 10.21580/sa.v7i2.647.

D. Mahfud, N. Nazmi, and N. Maula, “Relevansi Pemikiran Feminisme Muslim,” Sawwa, vol. 11, no. 1, pp. 95–110, 2015.

Widyastini, “Gerakan Feminisme Islam Dalam Perspektif Fatimah Mernissi,” J. Filsafat, vol. 18, no. 1, pp. 67–70, 2008.

S. Luft, “Faktizität und Geschichtlichkeit als Konstituentien der Lebenswelt in Husserls Spätphilosophie,” Phänomenologische Forschungen, vol. 2005, no. 1, pp. 13–40, 2005, doi: 10.28937/1000107910.

I. Ariani, “Feminisme Dalam Pergelaran Wayang Kulit Purwa Tokoh Dewi Shita, Dewi Kunti, Dewi Srikandi,” J. Filsafat, vol. 26, no. 2, pp. 273–290, 2016.

M. Mukhtasar and A. Koeswanjono, “Teologi Feminisme Riffat Hassan dan Rekonstruksi Pemahaman atas Kedudukan dan Peran Wanita,” J. Filsafat, vol. 29, pp. 39–47, 1999.

D. T. Ilaa, “Feminisme dan Kebebasan Perempuan Indonesia dalam Filosofi,” J. Filsafat Indones., vol. 4, no. 3, pp. 211–216, 2021.

A. Qibtiyah, “Arah Gerakan Feminis Muslim Di Indonesia,” 2020, UIN Sunan Kalijaga bekerja sama dengan Kurnia Kalam Semesta, Yogyakarta.

A. W. Muqoyyidin, “Wacana Kesetaraan Gender: Pemikiran Islam Kontemporer tentang Gerakan Feminisme Islam,” J. Al-Ulum, vol. 13, no. 2, pp. 491–512, 2013.

N. K. A. Suwastini, “Perkembangan Feminisme barat Dari Abad Kedelapan Belas Hingga Postfeminisme: Sebuah Tinjauan Teoritis,” J. Ilmu Sos. dan Hum., vol. 2, no. 1, pp. 198–208, 2013.

C. Hundleby, “Feminist Empiricism,” 2011, Departement of Philosophy University of windsor. doi: 10.1002/9781119314967.ch13.

R. Campbell, “The Virtues of Feminist Empiricism,” Hypatia, vol. 9, no. 1, pp. 90–115, 1994, doi: 10.1111/j.1527-2001.1994.tb00111.x.

B. Rajab, “Perempuan Dalam Modernisme Dan Postmodernisme,” Sosiohumaniora, vol. 11, no. 3, pp. 1–12, 2009, doi: 10.24198/sosiohumaniora.v11i3.5421.

H. A. Giroux, “Rethinking the Boundaries of Educational Discourse: Modernism, Postmodernism, adn Feminism,” Collage Lit., vol. 17, no. 2/3, pp. 1–50, 1990.

N. Fenton, “The problematics of postmodernism for feminist media studies.,” Media, Cult. Soc., vol. 22, no. 6, pp. 724–741, 2000.

R. M. Hazmi, “Selubung Keadilan dan Kerudung Aporia,” lsfcogito.org. Accessed: Aug. 12, 2023. [Online]. Available: https://lsfcogito.org/selubung-keadilan-dan-kerudung-aporia/

J. M. Balkin, “Transcendental Deconstruction, Transcendent Justice,” Mich. Law Rev., vol. 92, no. 5, pp. 1131–1186, 1994, doi: 10.2307/1289630.

R. M. Hazmi, “Refleksi Atas Antinomi Keadilan,” lsfcogito.org. Accessed: Aug. 12, 2023. [Online]. Available: https://lsfcogito.org/refleksi-atas-antinomi-keadilan/

Unduhan

Diterbitkan

23-08-2025

Cara Mengutip

Hazmi, R. M. (2025). Epistemologi Teori Hukum Feminis. MALAKA LAW REVIEW, 2(2), 42–52. Diambil dari https://www.ejournal.ybpindo.or.id/index.php/malaka/article/view/127